Kamis, 06 Mei 2010

PENEMUAN KAPAL NABI NUH

1.Perahu Nabi Nuh di atas Gunung Arafat. Jelas kan??

picture1.jpg

a

2. Situs Perahu Nabi Nuh sebelum dibersihkan

picture2.jpg

aa

3.Pengukuran di Atas Perahu

a

Struktur Perahu menurut para arkeolog yang menemukannya

picture3.jpg

a4 Ini dia lebih jelasnya

picture4.jpg

a

4. Setelah dibersihkan, beginilah bentuk Asli Perahu Nabi Nuh AS yang kuno tapi canggih. Di dalam perahu inilah sedikit umat Nabi Nuh AS diselamatkan Allah SWT dari banjir dahsyat setinggi gunung dan ratusan pasang binatang ikut serta didalamnya.

a

5. Gambaran suasana terjadinya banjir dalam Injil yang terjadi pada tahun 1300 BC (Sebelum Masehi). Sekitar 25 tahun sebelum zaman Nabi Musa AS atau 1.300 tahun sebelum kelahiran Nabi Isa AS. Lihat perbandingan ukuran perahu dengan Pesawar Modern Jumbo 747.

Minggu, 02 Mei 2010

RPP IPA KLS V SEMESTER 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah : SDN Cadasmulya

Mata Pelajaran : IPA

Kelas/Semester : V/1

Waktu : 1 x 35 menit

Hari/Tanggal : ………../ ………….. 2009


A. Standar Kompetensi

2. Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan sendiri

B Kompetensi Dasar

2.2 Mendeskripsikan ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau

sebagai sumber makanan.

C. Indikator

1. Siswa dapat menyusun skema rantai makanan dengan urutan yang benar.

2. Siswa dapat menjelaskan pentingnya tumbuhan hijau bagi manusia dan hewan.

3. Siswa dapat menyebutkan dua cara memelihara tumbuhan agar tumbuh subur.

D. Tujuan Perbaikan

Dengan menggunakan metode diskusi diharapkan:

1. Meningkatkan pemahaman siswa tentang pentingnya tumbuhan hijau bagi manusia dan hewan.

2. Mampu mengaktifkan siswa dengan memberi kesempatan menjawab pertanyaan, mengajukan pertanyaan dan memberikan tanggapan.

E. Materi

Pentingnya Tumbuhan Hijau bagi Manusia dan Hewan

Manusia dan hewan membutuhkan tumbuhab hijau sebagai sumber makanan dan sumber energi. Tumbuhan hijau dapat membuat makanan sendiri, sehingga tumbuhan hijau disebut produsen. Sedangkan manusia dan hewan disebut konsumen.,karena manusia dan hewan membutuhkan makhlluk hidup yang lain untuk makan.

Tumbuhan dapat membuat makanan sendiri melalui proses fotosintesis melalui bantuan cahaya matahari. Jika tumbuhan tidak ada maka seluruh proses kehidupan akan musnah.Oleh karena itu untuk mencegah agar hal tersebut tidak terjadi kita harus melestarikan tumbuhan hijau agar tetap subur.

Beberapa cara pemeliharaan tumbuhan, diaantaranya: penyiraman, pemupukan, penyiangan, pengolahan tanah, pemupukan, pengembang biakan dan pembenihan.

F. Metode

1. Ceramah

2. Diskusi

3. Tanya-jawab

4. Penugasan

G. Langkah Pembelajaran

1. Kegiatan Awal (5 menit)

a. Mengkondisikan siswa siap belajar.

b. Mengadakan tanya jawab tentang sumber makanan

Pertanyaanyang diajukan adalah:

1. Mengapa manusia perlu makan?

2. Apa sajakah yang kita makan setiap hari?

c. Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti (20 menit)

a. Gur menjelaskan materi dengan menggunakan media gambar.

b. Beberapa orang siswa ke depan kelas memasang puzzle gambar pada karton manila sehingga membentuk rantai makanan (5 meni)

c. Guru mengadakan tanya jawab tentang pentingnya tumbuhan hijau bagi manusia dan hewan.(5 menit)

1. Disebut apakah peristiwa makan dan dimakan pada makhluk hidup?

2. Apa yang akan terjadi jika tida ada tumbuhan hijau?

3. Untuk apakah manusia dan hewan membutuhkan tumbuhan hijau?

4. Sebutkan dua hewan pemakan daging!

d. Guru membagi siswa menjadi menjadi beberapa kelompok dan menunjuk salah seorang menjadi ketua.

e. Masing-masing kelompok menyusun satu skema rantai makanan dengan menempelkan puzzle gambar dan kartu kata pada lembar kerja yang disediakan guru

f. Perwakilan salah satu kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok didepan kelas.

g. Guru memberi kesempatan kepada kelompok lain untuk mengajukan pertanyaan, memberikan tanggapan,dan pendapatnya.

3. Kegiatan akhir (10 menit)

a. Memeriksa hasil diskusi kelas .

b. Guru dan siswa bersama-sama membuat kesimpulan.

c. Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa tentang bagaimana jika keadaan dunia tampa tumbuhan hijau.

H. Sumber, Media/ Alat

Sumber:

1. Kurikulum KTSP

2. Buku IPA Kelas V Sarana Panca Karya

Media/Alat pelajaran :

1. Chart makhluk hidup

2. Kartu kata

I. Evaluasi

1. Proses :

· Mengamati keaktifan sisw adalam berdiskusi , menjawab pertanyaan, dan memberikan tanggapan.

2. Teknik penilaian :

· tertulis dan unjuk kerja.

3. Bentuk Instrumen

· Tes Uraian dan Menyusun gambar

Soal :

1. Empat buah Chart makhluk hidup, empat kartu kata disusun menjadi satu rantai makanan.

2. Mengapa tumbuhan hijau disebut produsen?

3. Sebutkan dua cara melestarikan tumbuhan hijau agar tetap subur!

Kunci Jawaban :

1.

No 1 produsen, 2 konsunen TK I, 3 Konsumen TK II, 4 Konsumen TK III

2. Karena tumbuhan dapat membuat makannya sendiri

3. a. Penyiraman, b. pemupukan, c pengembang biakan , d pengolahan tanah,dsb

Scor Nilai :

No 1 : Nilai 4

No 2 : Nilai 2

No 3 : Nilai 4

Mengetahui Padalarang, 2009

Kepala Sekolah Guru kelas

…………………. Wiwin Winarsih

NIP……………… NIP………………

Puisi kasih seorang ibu terhadap anaknya

ARJUNAKU

Arjunaku ……….! Kau adalah belahan jiwaku

Kau teramat berharga bagiku

Kau adalah pahlawanku

Takan kututup mata ini

Meski untuk berkedip

Ingin kupandangi slalu

Arjunaku kau bagian dari hidupku

Aku kan slalu ada untukmu

Menjagamu dengan sepenuh hatiku

Membelaimu sampai kau terlelap dipangkuanku

Kunyanyikan kidung kesukaanmu

Meski suaraku tlah parau karna tangisku

Arjunaku jadilah kau anak bangsa yang tangguh

Kukuh, kuat, penuh semangat dalam menapaki hidup ini

Kupanjatkan doaku dalam setiap desah napasku

Kau adalah kebahagiaanku

Kau adalah harapanku

Jadilah kau Arjuna kebanggaanku

Kejarlah mataharimu

Raihlah bintangmu

Peluklah rembulanmu

Dan aku akan tetap slalu ada

Dengan seluruh doaku, cintaku, kasihku

Raihlah impianmu

SRIKANDIKU

Srikandiku kalian teramat indah

Srikandiku kalian teramat cantik

Srikandiku kalian adalah bungaku

Kan kujaga slalu

Kan kusirami slalu

Agar kalian tak pernah layu

Harumkan jiwamu seharum tubuhmu

Cantikan jiwamu secantik rupamu

Tataplah matahari diufuk timur

Begitu indah………., jelanglah ia

Pandanglah bintang dan bulan dilangit

Raihlah ia

Janganlah kau merasa lelah

Janganlah kau merasa letih

Janganlah kau menyerah

Kejar dan raihlah impianmu

Kuiringi setiap langkahmu dengan doaku

Jadilah kalian bintang harapanku

Jadilah kalian bunga impianku

Jagalah jangan sampai kau redup

Jagalah jangan sampai kau layu

Srikandiku………..

Bersinarlah slalu, harumlah slalu

Bandung, 27 april 2010

Puisi ini kupersembahkan untuk anak-anakku terkasih

M. Panji Fauzan, Selma Aulia Saniyyah, Adhwa’ Nisrina Maryam

Puisi Basa Sunda

KALANGKANG

Kalangkang……….

Nu gugupay dina lamunan

Panglipur kalbu

Pamepes hate nu keur lungse

Pangupah jiwa nu keur lara

Kalangkang………..

Geura datang

Ieu hate teu bisa sare

Ieu jiwa teu bisa tibra

Kumalayang ngawang-ngawang

Mawa harepan anu panjang

Mawa impian anu nyari

Tapi anjeun henteu surti

Kalangkang…………

Anjeun ngan ukur harepan

Nu pinuh kubatas ruang jeung waktu

Nu teu bisa kajamah kuraga

Kalangkang…….

Anjeun tetep ngan ukur jadi kalangkang

Ditungguan anjeun cicing

Diudag anjeun lumpat

Ah………….kalangkang

PUISI TAKDIR

TAKDIR

Aku tak pernah menyalahkn takdir

Ini semua kuasaNya

Akupun takan memaksa tuk menjawabnya

karena tak mungkin dapat terjawab

Langit hanyalah sebagai saksi

Begitupun laut, dan buihnya

Akupun tetap merayap dalam gelap

Meskipun berjalan tertatih-tatih

Tampa tongkat dan lentera

Aku berjalan terseok-seok

Terkadang aku bingung dan limbung

Kemana akan kutuju

Aku ingin berlari

Mengejar kapal untuk berlayar

Tapi ombak menerjangku

Melemparkarku hingga jauh ketepi pantai

Aku terkulai lesu

Menatap kapal jauh melaju

Akupun menangis sendu

Ini memang takdirku

Masih adakah hari esok untukku?