Minggu, 02 Mei 2010

RPP IPA KLS V SEMESTER 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah : SDN Cadasmulya

Mata Pelajaran : IPA

Kelas/Semester : V/1

Waktu : 1 x 35 menit

Hari/Tanggal : ………../ ………….. 2009


A. Standar Kompetensi

2. Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan sendiri

B Kompetensi Dasar

2.2 Mendeskripsikan ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau

sebagai sumber makanan.

C. Indikator

1. Siswa dapat menyusun skema rantai makanan dengan urutan yang benar.

2. Siswa dapat menjelaskan pentingnya tumbuhan hijau bagi manusia dan hewan.

3. Siswa dapat menyebutkan dua cara memelihara tumbuhan agar tumbuh subur.

D. Tujuan Perbaikan

Dengan menggunakan metode diskusi diharapkan:

1. Meningkatkan pemahaman siswa tentang pentingnya tumbuhan hijau bagi manusia dan hewan.

2. Mampu mengaktifkan siswa dengan memberi kesempatan menjawab pertanyaan, mengajukan pertanyaan dan memberikan tanggapan.

E. Materi

Pentingnya Tumbuhan Hijau bagi Manusia dan Hewan

Manusia dan hewan membutuhkan tumbuhab hijau sebagai sumber makanan dan sumber energi. Tumbuhan hijau dapat membuat makanan sendiri, sehingga tumbuhan hijau disebut produsen. Sedangkan manusia dan hewan disebut konsumen.,karena manusia dan hewan membutuhkan makhlluk hidup yang lain untuk makan.

Tumbuhan dapat membuat makanan sendiri melalui proses fotosintesis melalui bantuan cahaya matahari. Jika tumbuhan tidak ada maka seluruh proses kehidupan akan musnah.Oleh karena itu untuk mencegah agar hal tersebut tidak terjadi kita harus melestarikan tumbuhan hijau agar tetap subur.

Beberapa cara pemeliharaan tumbuhan, diaantaranya: penyiraman, pemupukan, penyiangan, pengolahan tanah, pemupukan, pengembang biakan dan pembenihan.

F. Metode

1. Ceramah

2. Diskusi

3. Tanya-jawab

4. Penugasan

G. Langkah Pembelajaran

1. Kegiatan Awal (5 menit)

a. Mengkondisikan siswa siap belajar.

b. Mengadakan tanya jawab tentang sumber makanan

Pertanyaanyang diajukan adalah:

1. Mengapa manusia perlu makan?

2. Apa sajakah yang kita makan setiap hari?

c. Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti (20 menit)

a. Gur menjelaskan materi dengan menggunakan media gambar.

b. Beberapa orang siswa ke depan kelas memasang puzzle gambar pada karton manila sehingga membentuk rantai makanan (5 meni)

c. Guru mengadakan tanya jawab tentang pentingnya tumbuhan hijau bagi manusia dan hewan.(5 menit)

1. Disebut apakah peristiwa makan dan dimakan pada makhluk hidup?

2. Apa yang akan terjadi jika tida ada tumbuhan hijau?

3. Untuk apakah manusia dan hewan membutuhkan tumbuhan hijau?

4. Sebutkan dua hewan pemakan daging!

d. Guru membagi siswa menjadi menjadi beberapa kelompok dan menunjuk salah seorang menjadi ketua.

e. Masing-masing kelompok menyusun satu skema rantai makanan dengan menempelkan puzzle gambar dan kartu kata pada lembar kerja yang disediakan guru

f. Perwakilan salah satu kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok didepan kelas.

g. Guru memberi kesempatan kepada kelompok lain untuk mengajukan pertanyaan, memberikan tanggapan,dan pendapatnya.

3. Kegiatan akhir (10 menit)

a. Memeriksa hasil diskusi kelas .

b. Guru dan siswa bersama-sama membuat kesimpulan.

c. Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa tentang bagaimana jika keadaan dunia tampa tumbuhan hijau.

H. Sumber, Media/ Alat

Sumber:

1. Kurikulum KTSP

2. Buku IPA Kelas V Sarana Panca Karya

Media/Alat pelajaran :

1. Chart makhluk hidup

2. Kartu kata

I. Evaluasi

1. Proses :

· Mengamati keaktifan sisw adalam berdiskusi , menjawab pertanyaan, dan memberikan tanggapan.

2. Teknik penilaian :

· tertulis dan unjuk kerja.

3. Bentuk Instrumen

· Tes Uraian dan Menyusun gambar

Soal :

1. Empat buah Chart makhluk hidup, empat kartu kata disusun menjadi satu rantai makanan.

2. Mengapa tumbuhan hijau disebut produsen?

3. Sebutkan dua cara melestarikan tumbuhan hijau agar tetap subur!

Kunci Jawaban :

1.

No 1 produsen, 2 konsunen TK I, 3 Konsumen TK II, 4 Konsumen TK III

2. Karena tumbuhan dapat membuat makannya sendiri

3. a. Penyiraman, b. pemupukan, c pengembang biakan , d pengolahan tanah,dsb

Scor Nilai :

No 1 : Nilai 4

No 2 : Nilai 2

No 3 : Nilai 4

Mengetahui Padalarang, 2009

Kepala Sekolah Guru kelas

…………………. Wiwin Winarsih

NIP……………… NIP………………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar